Pelatihan Penulisan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill)

Posted by mgmpipsjepara on 16.13 with No comments
Pelaksanaan pembelajaran di kelas merupakan proses yang sangat menentukan keberhasilan tujuan pendidikan. Dalam pembelajaran di kelas guru dituntut untuk mempunyai kemampuan untuk mengelola kelas agar semua proses yang tengah berjalan dapat dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Salah satu kelemahan dalam pembelajaran selama ini adalah kelemahan guru itu sendiri  dalam membuat pertanyaan yang berkualitas atau seringkali anak tidak diajak untuk berpikir aktif, kreatif, serta menyenangkan anak.

Proses belajar yang aktif pada saat ini mencoba di kembangkan dengan penerapan kurikulum 2013,  diharapkan akan mampu memacu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Diharapkan kedepan guru dan siswa dapat bersama-sama aktif, sehingga di harapkan pembelajaran dapat berlangsung dua arah, dengan keaktifan siswa di bawah panduan dan arahan guru sebagai moderator. Maka salah satu hal penting yang harus di perhatikan adalah kemampuan guru dalam memberikan pertanyaan. Pertanyaan akan sangat menentukan bagaimana tanggapan siswa, apakah siswa akan bersikap biasa biasa saja, apakah siswa akan menjadi tertarik atau bahkan apakah siswa akan menjadi sangat aktif karena pertanyaan si guru.
Tentu saja dalam hal pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para guru membuat anak berpikir secara sepihak, artinya anak hanya menjawab sesuai dengan jawaban dari kehendak guru, dan apabila anak menjawab guru juga tidak memberikan peluang untuk membuat atau menyusun kalimat jawaban sesuai kebiasaan si anak.

Pertanyaan secara garis besar dapat digolongkan menjadi 2 (dua) yaitu:
  1. Pertanyaan tingkat rendah (pertanyaan tertutup)
  2. Pertanyaan tingkat tinggi (pertanyaan terbuka)

Coba kita lihat beberapa bentuk pertanyaan guru berikut:
Siapa Proklamator Republik Indonesia?
Dari contoh pertanyaan di atas yang paling penting adalah bahwa pertanyaan haruslah menginspirasi  siswa untuk berbuat dan berpikir lebih jauh. Bentuk pertanyaan sangat menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran yang di laksanakan.
untuk meningkatkan pemahaman guru IPS tentang Pertanyaan HOTS (tingkat Tinggi) maka MGMP IPS Jepara Pokja Selatan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Soal IPS HOTS.
Silahkan Download: