Pelatihan Pengembangan RPP IPS Terpadu Kurikulum 2013

Posted by mgmpipsjepara on 12.56 with No comments


Pembelajaran IPS yang dilaksanakan di SMP belum berjalan optimal.Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru terhadap IPS terpadu sehingga pembelajaran IPS yang berlangsung masih dilaksanakan secara terpisah-pisah dalam IPS geografi, IPS ekonomi, IPS sejarah, dan IPS sosiologi. Padahal sesuai amanah kurikulum 2013 yangtelah dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2013seharusnya pembelajaran IPS di SMP dilaksanakan secara terpadu atau integrated. Melalui pembelajaran terpadu materi disajikan dalam bentuk tema-tema atau sering disebut model tematik.  
Selama tahun 2013 belum seluruh sekolah mengimplementasikan kurikulum 2013, sehingga banyak guru IPS SMP yang belum memahami pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013. Guru IPS SMP yang mengajar saat ini kebanyakan bukan berlatar belakang pendidikan IPS terpadu, akan tetapi berlatar belakang pendidikan geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi. Hal ini menyebabkan penguasaan kompetensi IPS dalam konteks terpadu masih minim.Apalagi mata pelajaran IPS yang diajarkan di sekolah memiliki cakupan materi yang cukup banyak, sehingga guru hanya berorientasi untuk menyelesaikan materi dan bukan pada pengembangan karakter ataupun kemampuan peserta didik sesuai tujuan IPS
Berkaitan dengan masalah di atas, maka sangat mendesak untuk dilakukan kegiatan pelatihan pembelajaran IPS terpadu berbasis kurikulum 2013 bagi guru-guru IPS SMP di MGMP IPS Kabupaten Jepara pada:
Hari, tanggal : Kamis, 18, 25 Februari dan 3 Maret 2013
Tempat         : SMP N 1 Pecangaan Jepara
Waktu          : Pukul 09.30 WIB - Selesai

Melalui pelatihan ini diharapkan para guru memahami konsep IPS terpadu sesuai amanat kurikulum 2013 baik perencanaan pembelajarannya, pelaksanaan pembelajarannya, maupun penilaian pembelajarannya.

Jadwal Materi Kegiatan:


Hari 1 (Kamis, 18 Februari 2016) :
         b.      Cotoh RPP IPS Terpadu kurikulum 2013
         c.       Praktek : Pembuatan RPP IPS Terpadu

Hari 2 (Kamis, 25 Februari 2016) :
      a. Micro Teaching 1
      b. Evaluasi dan Perbaikan RPP.

Hari 3 (Kamis, 3 April 2016):
      a. Micro Teaching 2
      b. Pengumpulan RPP
Categories: